Haruskah BBM Naik ?

“Sudah basi tentunya saat tulisan ini akhirnya terbaca oleh anda. Semua Warga Negara Indonesia tentunya telah mengetahui tentang kenaikan harga BBM dan bahkan telah merasakan efek langsung dari kebijakan yang tidak bijak dari pemerintah tersebut”

Kemarin beberapa kawan bertanya dengan nada sedikit menyindir

“Hasil demonstrasi mahasiswa itu BBM naik yah..??”

entah apa yang saya rasakan saat mereka bertanya seperti itu. Saya sadar, demo ataupun tidak pemerintah saat ini akan tetap menaikkan harga BBM, tapi ini masalah keberpihakan kawan, keberpihakan mahasiswa terhadap buruh, tani, nelayan, guru dan rakyat miskin Indonesia. Walaupun saya sendiri juga khawatir jika disaat suasana politik yang panas pada tahun 2008 ini, demonstrasi mahasiswa ditunggangi oleh pihak oposisi tak bermoral yang menyebabkan demonstrasi tanpa solusi dan hanya bertujuan menggulingkan pemerintah saat ini.

Dua alasan pemerintah untuk menaikkan harga BBM yaitu naiknya harga minyak dunia hingga $120 per barrel sangat berpengaruh bagi APBN (walaupun kita negara penghasil minyak) dan subsidi BBM tidak tepat sasaran karena semua golongan (baik golongan atas sampai bawah juga yang kaya sampai yang miskin) dapat menikmatinya bukan merupakan harga mati yang menyebabkan pemerintah harus menaikkan harga BBM.

Tekanan bagi APBN tentunya sangat besar karena kenaikan harga minyak dunia, tetapi apakah menaikkan harga BBM adalah satu-satunya jalan untuk mendapatkan pemasukan bagi APBN? Tentu tidak kawan! Banyak cara-cara lain untuk mendapatkan pemasukan bagi APBN. Misalnya saja dengan rekontrak aset-aset berharga negara (tentunya agar lebih menguntungkan bagi Rakyat Indonesia, Freeport perlu ditinjau ulang), menyelesaikan kasus korupsi, kasus BLBI (korupsi massal alias gotong royong), menagih utang Sukanto Tanoto bahkan bisa saja dengan memotong gaji pejabat maupun menaikkan pajak penghasilan.

Alasan subsidi BBM tidak tepat sasaran karena orang kaya juga menikmatinya juga perlu dicermati. Masyarakat Miskin Indonesia (berjumlah hampir 50% dari jumlah penduduk Indonesia) dipaksa untuk mengerti kondisi diatas padahal dampak dari kenaikan harga BBM ini sangat dirasakan (tentunya akan lebih menyengsarakan) oleh mereka, sedangkan bagi orang-orang kaya di Negeri Indonesia ini tentunya dampak tersebut tidak terlalu terasa. Akan lebih bijak jika solusi yang diambil misalnya dengan meningkatkan tarif pajak progresif terhadap pajak penghasilan. Biarkan saja orang-orang kaya juga turut menikmati subsidi BBM, namun kemudian mereka akan dibebankan pajak yang jauh lebih besar daripada rakyat miskin. Hal ini menurut saya lebih efektif daripada menaikkan harga BBM walaupun diikuti dengan BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang masih rawan akan penyelewengan dan masih dipertanyakan keefektifaannya.

Bagi saya pribadi, jika pemerintah benar-benar memperhatikan kesejahteraan masyarakat, maka tentunya pemerintah yang bisa menaikkan harga BBM tentunya bisa juga menurunkannya tanpa perlu demonstrasi besar-besaran dari mahasiswa dan Masyarakat Indonesia. Bagaimana kawan, setuju?

thanks to Aulia Rahman Alfahmi

Iklan

9 Responses to “Haruskah BBM Naik ?”


  1. 1 Erwin Baja 29 Mei, 2008 pukul 8:35 am

    Wah, pertamax nih Mas..
    Saya pribadi tidak terlalu ingin mempersoalkan tentang ‘apakah BBM harus naik atau tidak’. Tetapi yang lebih saya persoalkan adalah ‘kenapa langkah ini yang diambil dibandingkan berbagai alternative lain yang sebenarnya banyak..’. Satu sudah Mas sebutkan yaitu pajak penghasilan yang lebih besar ke ‘orang-orang kaya’. Yang lain bisa juga via nguber uang-uang para koruptor. Atau mengurangi gaji dan tunjangan anggota DPR, dan banyak alternative lainnya.

  2. 2 Mas Kopdang 29 Mei, 2008 pukul 4:19 pm

    udah lah..turunin aja yang bikin naik BBM..
    😯

  3. 3 achoey sang khilaf 29 Mei, 2008 pukul 7:22 pm

    tidak harus
    tapi sekarang dah terjadi 😦

  4. 4 nataludin 30 Mei, 2008 pukul 9:56 am

    sebagai warga negara yang baik, kita ikuti alur aja mbak, toh itu sudah diatur dalam UU

    BBM memang Bahan Bakar Minyak, tapi sekarang BBM adalah Bikin Bingung Manusia….. jadi kategori manusia khan termasuk pemerintah, mahasiswa, rakyat….. kalau yang menggunakan kesempatan Bangsit saat ini… itu baru bukan manusia,mbak

  5. 5 inidanoe 30 Mei, 2008 pukul 9:44 pm

    @ Erwin Baja :
    Karena langkah itulah yang paling aman menurut pak SBY-JK 🙂 (sebelum diambilnya keputusn itu, tentunya sudah ada lobi2 politik dl lah…) 😀

    @ Mas Kopdang :
    Wah kaya’na enk tuh mas, tapi susah, lha wong partai2 juga pada diem Suara paling2 ada dari daerah, dipusat mah diem ajah 😛

    @ achoey sang khilaf :
    iya, dah naek mas, trus kita enaknya ngapain yah?
    bisa tirun lagi gk yah.? 😦

    @ nataludin :
    mas nataludin, saya COWOK..!!! TULEN…!!! bukan BAYUT 🙂
    besok2 manggilna jgn mbak yah..!!

  6. 6 Tirta 31 Mei, 2008 pukul 12:13 am

    aku mo pake motor dengan bahan bakar alternatif lain ah…pake minyak jarak…tapi klo pas long tour gitu…mampus deh bahan bakarnya abis…

  7. 7 dobrak 18 Juni, 2008 pukul 4:07 am

    memang REzim SBY-KALA rezim yang abti rakyat, membuat kebijakan yang sangat tidak berpihak kepada rakyat malah menyengsarakan.

  8. 8 biofir 25 Juli, 2009 pukul 9:55 pm

    kasihan rakyat kecil yaa om….


  1. 1 Idealisme yang Tergadai « JalanMenujuKetenaran Lacak balik pada 22 Juni, 2008 pukul 8:21 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat Datang

Terima kasih atas kunjungan saudara/i ke ruang mengeja ini. Blog yang berisi buah pikiran seorang DANOE ini merupakan salah satu upaya agar dia tidak terlupakan begitu saja tertelan waktu yang tidak kenal kompromi. Ruang mengeja yang hadir pada 15 Mei 2008 ini, merupakan bentuk pelarian upaya lebih serius seorang DANOE untuk menulis setelah blog yang INI serta yang ITU dianggapnya kurang serius :D . Selamat menjelajahi RUANG MENGEJA ini dan silahkan mencaci maki DANOE sepuasnya disini. HIDUP BLOGGER...!!!

 mari mengeja...

Proudly Present... Komunitas Bloger Yogyakarta - CAHANDONG.ORG Komunitas Kretek

Tugas Sekolah

just send me IM
idYM : inidanoe
Mei 2008
S S R K J S M
    Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Danu Saputra's Facebook profile

Powered by FeedBurner

Add to Technorati Favorites

%d blogger menyukai ini: