Proses

“sebuah renungan saat UGM berproses dengan dies natalisnya yg ke-59″


Proses selalu saja menawarkan perubahan. Variabel-variabel yang tak pernah terpikirkan selalu saja menjadi bagian menarik dalam sebuah proses. Proses-proses yang sengaja maupun tidak kujalani. Proses yang kuanggap sebuah pembentukan diri, bentuk pencarian jati diri.Β  Proses yang kubanggakan. Ternyata membawaku pada kesadaran tentang ketiadaan. Berawal dari kehampaan, berproses untuk ada, namun selalu saja berujung kehampaan. Bentuk yang merupakan titipan ini pastinya akan diambil kembali oleh sang pemilik. Kembalilah aku menjadi ketiadaan. Identitas-identitas yang melekat tak lebih hanya simbolik. Pengupayaan diri agar dianggap ada. Apa lantas aku menjadi ada.??

who am i..??

Perubahan memang abadi seperti halnya aku yang abadi dengan ketiadaan. Aku tidak pernah meminta diadakan di dunia ini, lantas kenapa aku harus ada.?? Aku sesuatu yang tidak pernah ada sebelumnya, lantas kenapa aku harus ada dengan jasad manusiawi..??

Keadaanku dengan jasad manusiawi ini membuatku melupakan kesejatian bahwa aku tidak ada. Melakukan proses-proses sebagai pembuktian bahwa aku ada, sebuah proses eksistensialis. Aku terlalu terpesona dengan tampilanku, dan lupa bahwa aku bukanlah pemilik jasad manusiawi ini. Bukankah semua pembuktian ini akhirnya hanya kesemuan.??

Ketidak sadaran bahwa jasad manusiawi ini hanya titipan belakalah yang selama ini mengiringi proses-proses yang kujalani. Aku tak pernah bertanya tentang apa tujan sang pemilik jasad manusiawi ini menitipkannya padaku, suatu hal yang seharusnya aku ketahui dulu sebelum ahirnya aku berproses. Jika di tengah proses ahirnya aku bertemu variabel-variabel yang membuatku bertanya tentang tujuan sang penitip jasad manusiawi ini, apakah terlambat bagiku untuk mencari jawabannya, kawan.??

28 Responses to “Proses”


  1. 1 itikkecil 19 Desember, 2008 pukul 11:55 am

    belum terlambat kok……

  2. 2 inidanoe 19 Desember, 2008 pukul 12:00 pm

    # itikkecil :

    emang masih ada yg mo nunggu..??

  3. 3 Ndebakulsempak 19 Desember, 2008 pukul 1:17 pm

    apaan sih?

  4. 4 omiyan 19 Desember, 2008 pukul 1:40 pm

    selagi kita hidup dan bisa menghirup udara, tak pernah ada kata terlambat….

  5. 5 INDAH REPHI 19 Desember, 2008 pukul 2:11 pm

    tidak ada kata terlambat untuk suatu kebaikan πŸ˜€

  6. 6 tukyman 19 Desember, 2008 pukul 2:52 pm

    seiring waktu berlalu begitu cepat
    aku datang keblogmu dengan membawa Software can’t copy CD πŸ™‚
    salam kenal

  7. 7 Bet 19 Desember, 2008 pukul 3:53 pm

    ono omayan nek dulu waktu sekolah saya terlamat dimarahin bener ma penjaga sekolah . . . . . . terus saya bila lebih baik terlambat dari pada tidak datang

  8. 8 diana 19 Desember, 2008 pukul 5:08 pm

    ak ga ngerti..
    *lemot

  9. 9 aRuL 19 Desember, 2008 pukul 5:48 pm

    kondisi tanpa judul merupakan proses saya menjadi rendah…
    semoga segera bangkit kawan πŸ™‚

  10. 10 namakuananda 19 Desember, 2008 pukul 6:04 pm

    Dualem Buanget.

    Kalau kamu tertinggal kereta, naiklah kereta berikutnya. Sampai ketujuanNya. Insya Allah

  11. 11 annosmile` 19 Desember, 2008 pukul 7:05 pm

    om
    ikut lomba antar fakultas nggak???
    ayo duel πŸ˜€

  12. 12 Rita 19 Desember, 2008 pukul 7:20 pm

    Tak ada kata terlambat untuk sebuah proses perubahan yang mengarah ke yang lebih baik.. Selagi nyawa belum sepenggal di tenggorokan, waktu adalah milik kita…

  13. 13 aRuL 20 Desember, 2008 pukul 12:58 am

    btw ini ndak salah postingkan? hehehe bukan untuk blog satunya? hehehe

  14. 14 randualamsyah 20 Desember, 2008 pukul 11:08 am

    Kawanku, kenapa ga mempertimbangkan karir sebagai seorang diplomat ?

  15. 15 perahu kertas 20 Desember, 2008 pukul 6:11 pm

    “Jika di tengah proses ahirnya aku bertemu variabel-variabel yang membuatku bertanya tentang tujuan sang penitip jasad manusiawi ini, apakah terlambat bagiku untuk mencari jawabannya, kawan.??”

    jawabku: semoga belum tarlambat.

  16. 16 sofianblue 20 Desember, 2008 pukul 7:07 pm

    nikmati saja kawan. nikmati proses itu.

  17. 17 nurrahman18 21 Desember, 2008 pukul 5:37 am

    tidak ada kata terlambat mas danu….tidak sama sekali…Yang Maha Kuasa selalu memberikan kesempatan kepada kita untuk selalu lebih baik..
    proses…itulah waktu yang dipunyai manusia.

    bos,minta ijin.. link mu ku blogroll..thx

  18. 18 escoret 21 Desember, 2008 pukul 6:59 am

    lalu..???
    masalahmu apa nak..????

  19. 19 hamka 21 Desember, 2008 pukul 12:11 pm

    proses apaan seh??

  20. 20 junjungpurba 21 Desember, 2008 pukul 10:33 pm

    salam kenal aja buat yg punya blog

  21. 21 s H a 22 Desember, 2008 pukul 9:03 am

    Danoe. . . .

    Kaya’a ada sesuatu tapi aku gg tw apa *lem0d*

  22. 22 tren di bandung 22 Desember, 2008 pukul 7:30 pm

    beginilah enaknya sebagai blogger…

    lingkungannya membentuk kita menjadi pribadi yang hebat. karena kita akan alami yang namanya,
    *** M E T A M O R B L O G I S ***

  23. 23 ivanmuhtar 23 Desember, 2008 pukul 8:17 pm

    Hem, belibet juga jadi manusia…
    Gak papa, kapan2 kalo maen bawa makanan yaaa. hehehe

  24. 24 hera 24 Desember, 2008 pukul 3:08 pm

    hmm…. lagi mellow ya?? hee.. πŸ˜‰

  25. 25 John 26 Desember, 2008 pukul 2:32 pm

    Dadi asline,urip ki kudu roso!

  26. 26 ainulfahmi 27 Desember, 2008 pukul 9:02 am

    benar tu mas semua pasti ada prosesnya!!!!
    wah aku pikir-pikir anda pantas deh jadi seniman sastra !!!!
    bahasanya ituloh, aku terpesona buangeeeeetttt!!!!
    met tahun baru ya!!!!

  27. 27 inidanoe 29 Desember, 2008 pukul 10:28 pm

    # Ndebakulsempak : Apa ya kang..??? kira kira apa.. :mrgreen:

    # omiyan : Setubuuhhh….eh., setujuuuuu….

    # INDAH REPHI : Sayang saya terlambat tahu itu mbak… 😦

    # tukyman : mana cdnya bro..??? kirim ke alamat rumah aja yak.. hihihihihihi…

    # Bet : yup., sekolah bukan lomba balap lari kan..?? gk perlu cepet2an nyampe sekolah., yg penting sekolah….belajar… :p

    # diana : hhmmmm….tanya ma yg dibawah ini deh… *ditimpuk keyboard*

    # aRuL : thanks kawan, brangkaaatttt…!!!! Hidup Mahasiswa Indonesia *Nyanyi darah juang* *lho., kok jd demo yak..??* hihihihihihi…

    # namakuananda : Ammiiinnn…

    # annosmile` : Gk ikut aku., males duel ma km… ckikikikiki πŸ˜€

    # Rita 19 : Semoga proses ini ke arah yg lebih baik mbak. amiin.

    # aRuL : Sebenere salah ruL, cuma wis terlanjur :mrgreen:

    # randualamsyah : iya om, sempet kepikir jadi diplomat., cuma sadar kapasitasku jauh dari cukup 😦 hikzz…

    # perahu kertas : Ammiiinnnn…

    # sofianblue : siyap gan..!!! *hormat grak*

    # nurrahman18 : saya gk pernah merasa memiliki waktu om 😦 apa saya bukan manusia..?? hikkzz… 😦
    silahkeun di blogroll., njenengan dah tak link juga kok πŸ˜€

    # escoret : masalah saya., sekarang lagi gk punya cukup duit pak. Mahasiswa rantau 😦 Bapak mo ngirimin wessel kapan..??
    hihihihihihihihi…. ;))

    # hamka : proses pembuahan sampai keguguran om πŸ˜€

    # junjungpurba : Salam kenal juga om πŸ˜€

    # s H a : Iya neesha….ada apa..?? danoe juga gak tau :mrgreen:
    Coba diliat-liat lagi., diraba-raba lagi., siapa tau ketemu apa2 πŸ˜€
    hihihihi….

    # tren di bandung : bis METAMORBLOGIS tar jadi apa om..?? apa jadi KUPU-KUPBLOGGER…?? *mekso tenan ki bosoku…* hihihihihihi..

    # ivanmuhtar : Siyaapp….mau sekalian tak bawain ponakan gk om..?? hihihihihihi…

    # hera : gk kok., danoe gk pernah bareng ma mellow goeslow. Lagi sendiri aja di bilik warnet πŸ˜€

    # John : eh john., kw wis ijin mbah maridjan durung pake kata2 itu..??? diseneni MILE lho kw… :mrgreen:

    # ainulfahmi : seniman sastra itu kaya’ gmn tho..??? *mumet aku*
    mas…mas…aku gk maksud tebar pesona ke njenengan lho., jd klo njenengan terpesona., maaph yah….saya masih sangat mencintai wanita…
    ckikikikikikiki :mrgreen:

    MET TAON BARU juga mas..!! πŸ˜€

  28. 28 ulan 12 Januari, 2009 pukul 8:26 am

    *keplok keplok*
    *nyalamin om danoe*
    hehhehehhehe..
    njenengan sedang di terangkan om..
    ntar kalo gelap lagi, baca ini lagi ya..
    bravo bravo..


Tinggalkan Balasan

Selamat Datang

Terima kasih atas kunjungan saudara/i ke ruang mengeja ini. Blog yang berisi buah pikiran seorang DANOE ini merupakan salah satu upaya agar dia tidak terlupakan begitu saja tertelan waktu yang tidak kenal kompromi. Ruang mengeja yang hadir pada 15 Mei 2008 ini, merupakan bentuk pelarian upaya lebih serius seorang DANOE untuk menulis setelah blog yang INI serta yang ITU dianggapnya kurang serius :D . Selamat menjelajahi RUANG MENGEJA ini dan silahkan mencaci maki DANOE sepuasnya disini. HIDUP BLOGGER...!!!

 mari mengeja...

Proudly Present... Komunitas Bloger Yogyakarta - CAHANDONG.ORG Komunitas Kretek

Tugas Sekolah

just send me IM
idYM : inidanoe
Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Danu Saputra's Facebook profile

Powered by FeedBurner

Add to Technorati Favorites

